Grubug #3..percayalah pada setitik rasa berani di antara seribu rasa takut Anda

Mencapai tempat-tempat terindah di planet ini, selalu ada pengorbanan untuk itu. Salah satunya adalah pengorbanan untuk melewati rasa takut Anda. Jadilah berani. 🙂

luweng Grubug (courtesy of Reyhan KD)

Luweng Grubug jika dilihat dari satelit adalah penampakan titik hitam yang lebih kecil dari titik hitam di sebelah timurnya (Luweng Jomblang). Luweng ini mempunyai diameter lobang 12 meter. Jika kita berdiri di pinggir lobang, suara gemuruh aliran air bawah tanah yang berada 100 meter di bawah luweng akan terdengar. Namun kita tak bisa melihatnya. Luweng ini tertutup oleh batang dan ranting pepohonan di atasnya. Jadi jika cahaya matahari jatuh ke bawah menuju sungai bawah tanah, akan menimbulkan efek yang luar biasa di dasar luweng. Efek berpendarnya cahaya matahari mewujud garis-garis linear sepanjang 80-100 meter dari atas hingga ke bawah. Ini salah satu fenomena alam yang menjadi trademark dalam kegiatan speleologi. Para fotografer bilang, efek ROL (ray of light) cahaya.

Grubug, 5 Maret 2011

~ matahari belum tegak lurus dengan bumi

Kami berdelapan telah tiba di pinggir luweng. Tim akan bersiap untuk menuruni tali sepanjang 100 meter hingga dasar luweng Grubug. Panjang tali yang akan tersisa di dasar adalah sepanjang 15 meter dan dipakai untuk anchor di atas sepanjang 3 meter. Jadi seorang caver akan menuruni tali sepanjang 80-85 meter dari atas hingga ke bawah.

Anchor akan disimpulkan pada 1 batang pohon jati dan 2 buah lubang tembus di depan kiri dan kanan. Sehingga 3 buah anchor tadi akan membentuk segitiga. Seuntai kernmantel pendek akan menyatukan mereka sebelum seuntai kernmantel dynastat sepanjang 100 meter disimpulkan di perpotongan tiga anchor tersebut.

Ada 7 orang caver yang akan menuruni Luweng Grubug, sementara seorang caver akan berjaga di atas. Lalu berpindah ke jalur A Jomblang sore nanti ketika ascending. Urutan penurunan telah ditetapkan. Dan di tengah-tengah urutan akan disisipi oleh proses transfer SRT set dari bawah ke atas.

Ketegangan utama seorang caver adalah beberapa menit sebelum dirinya turun hingga ketika berada di bibir lobang, saat dia telah tergantung di tali otomatis psikologisnya akan normal kembali. Rasa panik suatu saat akan terjadi di tengah perjalanan turun jika dia berpikir alat yang dia pasang tak aman. Ya, itu hanya dalam pikirannya saja. Semakin tinggi lobang, semakin tinggi pula rasa panik jika memang dia mudah sekali untuk dilanda rasa panik. Maka, peganglah 2 hal utama. Percayalah pada alat yang telah terinstall, baik di badan maupun di anchor. Lalu percayalah pada teman Anda di atas.

install alat

Sebelum seorang caver turun, dia akan menginstall peralatan di badan. Anggota tim yang lain harus melakukan pengecekan ulang, kesalahan penginstallan sangat mungkin terjadi. Seperti penyimpulan harnest yang kurang, carabiner yang belum terkunci, crawl yang terbalik pemasangannya, pemasangan simpul pada helm, pemasangan tali pada descender yang terbalik dan lain sebagainya. Dan kesalahan ini dapat dilakukan oleh seorang caver yang berpengalaman. Jadi, marilah kita saling mengecek pemasangan peralatan.

descending (courtesy of Reyhan KD)

Ketika turun, nikmatilah. Istirahatkan descender setiap 5 meter. Jangan terlalu terburu-buru, karena efek panas yang berlebihan dapat melukai tangan Anda. Saat Anda mengerem mendadak, maka tali akan elastis sehingga Anda akan terpental naik turun.

gourdam dan sungai bawah tanah dari atas ketinggian (courtesy of Matsu Yudi)

Seorang caver membutuhkan waktu normal 7 menit untuk descending sepanjang 80-85 meter. Titik-titik air akan jatuh dari atas. Di sekeliling kita adalah tebing karst yang melingkar. Di bawah, gourdam dan flowstone dominan di antara aliran sungai yang meliuk. Dari ketinggian 100 meter masih tertutup kabut, namun semakin turun pemandangan semakin terlihat jelas. Ruangan di bawah pun semakin melebar

Satu demi satu, tim ini pun mulai menuruni Grubug. Nikmatilah. 🙂

bersambung,

~ beranilah

Sunting ulang dari multiply, 19 Maret 2011
jarody hestu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

indonesiawayang.com

Media Berbagi Para Pecinta Wayang

SR For SalmanRafan

cintai takdirmu~

Wayang Ku

Satu blog untuk wayang-wayangku

PALESTINE FROM MY EYES

Generating a fearless and humanising narrative on Palestine!

_matahari terbit_

penuh smangaD fajar

Nourish Griapon

I'm nourish

scriptamanent

"verba volant, scripta manent"

WORDS FLOW

setiap pengalaman pantas untuk diingat

krokettahu

menyelesaikan masalah dengan masalah

kalifadani

Yogi but Punk!

Dongeng Geologi

Geologi, Lingkungan, Energi dan Kebencanaan

%d bloggers like this: